Memahami Perhitungan Service Charge di Rusun dan Apartemen

Green Pramuka City Jogging Track

Jakarta -Di lingkungan penghuni rumah susun (rusun) atau apartemen, urusan Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) kerap dipermasalahkan. Ada saja yang merasa keberatan dengan kewajiban membayar iuran ke pengelola setiap bulannya. Bagi yang merasa keberatan, mungkin belum paham betul apa manfaat dan tujuan dari IPL itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa rusun atau apartemen memiliki benda, tanah dan bagian bersama. Untuk merawat dan menjaga fungsi hal-hal tersebut tentunya pengelola butuh biaya operasional. Inilah mengapa penghuni rusun atau apartemen harus membayar IPL.

“Contohnya, seluruh lift di setiap tower harus berfungsi dengan baik. Penerangan harus terpelihara. Setiap kolam renang harus bersih. Instalasi listrik dan air juga harus terawat. Jogging track harus rapi dan bersih. Children playground layak. Itu semua perlu biaya pemeliharaan operasional yang digunakan untuk kepentingan bersama,” jelas Property Manager Green Pramuka City – Suyatno Surorejo.

Green Pramuka City Jogging Track

Lebih lanjut Suyatno mengatakan, sangat penting bagi setiap penghuni rusun maupun apartemen untuk mengerti definisi hingga tujuan pembayaran IPL yang dibebankan kepada mereka. “Mestinya penghuni sudah mengerti, tetapi ada juga yang pura-pura tidak mengerti. Apa yang jadi konsentrasi kami adalah penghuni harus memahami bahwa hal-hal tersebut harus dipelihara,” tambah Suyatno.

Di rusunami Green Pramuka City sendiri, biaya IPL saat ini masih ditentukan oleh pengelola hingga terbentuknya Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) yang sah. PPPSRS yang bertugas mengelola Tanah, Bagian dan Benda Bersama akan terbentuk jika sudah ada pertelaan, sertifikat sudah dipecah dan diserahkan kepada pemilik.

“Untuk saat ini belum bisa terbentuk PPPSRS di Green Pramuka City karena belum ada pemecahan maupun penyerahan sertifikat. Sebelum ada PPPSRS yang sah, developer diberikan hak untuk mengelola. Ini hanya sementara. Yang pasti, biaya IPL yang ditentukan kami merupakan nilai standar dari jumlah pengeluaran untuk perawatan dan operasional tiga komponen tadi,” jelas Suyatno.

Green Pramuka City Parking Area

Penghuni bisa dimintai pendapatnya untuk menentukan besaran IPL. Tapi ini hanya bisa dilakukan oleh organisasi PPPSRS yang sah. Sah di sini artinya memenuhi ketentuan dan peraturan yang ada di undang-undang.

“Kami sebagai pengelola memiliki standar minimum dalam kualitas pengelolaan dan nilai IPL yang ditetapkan adalah untuk memenuhi standar minimum tersebut. Kami pun beritikad baik menentukan dan mempertanggungjawabkan IPL karena kami ingin memberikan servis yang terbaik,” lanjutnya.

Ditambahkan Deputi Property Manager Pengelola Rusunami Green Pramuka City – Danang S Winata, pembebanan biaya IPL kepada pemilik rusun maupun apartemen telah diatur undang-undang sejak lama.

“IPL itu sudah mulai diatur dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 1985 Jo. PP No. 4 Tahun 1988 yang kemudian diatur dalam UU No. 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Jadi, siapapun yang memiliki sarusun, baik perorangan maupun badan hukum wajib membayar IPL,” kata Danang.

Danang menjelaskan, biaya IPL dihitung berdasarkan jumlah biaya operasional dan perawatan benda, area dan tanah bersama keseluruhan setiap bulan dibagi total luas seluruh unit. Setelah mendapatkan nilai per meter, maka setiap unit dikenakan IPL dengan mengalikan nilai IPL per meter dengan luas unit. Oleh karena itu kenapa besaran IPL tiap unit berbeda-beda, tergantung luasannya.

Green Pramuka City Jogging Track

“Kenapa sih per meter? Tidak per unit saja seperti membayar iuran sampah dan keamanan di landed house? Jadi begini, luas antar unit satu dan lainnya berbeda, otomatis hak tiap unit atas kepemilikan Tanah, Benda dan Bagian Bersama juga berbeda”.

 


Tags

You May also Like this

Green Pramuka City Artikel
Green Pramuka Square Resmi ...

Direktur Green Pramuka City Rudi Herjanto, GM Green Pramuka Square Agus Arminto...

Green Pramuka City Garden at Night
Pengembang Serahterimakan Green Pramuka ...

Bisnis.com, JAKARTA—PT Duta Paramindo Sejahtera menargetkan proses serah terima unit apartemen Green...

Green Pramuka City Birds Eyed View
Green Pramuka City Fokus ...

Bisnis.com, JAKARTA--PT Duta Paramindo Sejahtera melalui produknya Green Pramuka City di Jakarta...

Green Pramuka City Parking Area
Green Pramuka City Ditargetkan ...

Bisnis.com, Jakarta -- PT Duta Paramindo Sejahtera (DPS) selaku developer apartemen Green Pramuka...

Green Pramuka City Artikel
Mayoritas Unit Apartemen Green ...

liputan6.com, Jakarta -- PT Duta Paramindo Sejahtera (DPS) selaku developer apartemen Green...

Green Pramuka City Konstruksi
Kenaikan Tarif IPL demi ...

Merdeka.com - Kenaikan tarif iuran pengelolaan lingkungan (IPL) oleh pengelola Apartemen Green...

Green Pramuka City Birds Eyed View
Green Pramuka Pastikan Jalani ...

Merdeka.com - Pengelola Green Pramuka City menegaskan, pihaknya telah menjalankan peraturan yang...

Green Pramuka City Tower
Tagihan PBB Rusunami Green ...

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, sejumlah penghuni di rumah susun sederhana milik (rusunami)...

Green Pramuka City Konstruksi
80% Apartemen Green Pramuka ...

Jakarta- PT Duta Paramindo Sejahtera (DPS) melaksanakan topping off tower 5 yaitu...

Green Pramuka City
Tagihan PBB di Rumah ...

Jakarta - Beberapa waktu lalu, sejumlah penghuni di rumah susun sederhana milik (rusunami)...